jangan lupa tinggalakan pesan,,,semoga anda pulang dengan membawa hikmah dan ilmu dari blog yang penuh inspirasi ini :D
hikmah adalah milik orang mukmin yang hilang, dimana saja ia menemukannya, maka dialah yang paling berhak mengambilnya.^^

Senin, 02 Februari 2009

Untuk Apa Aku Kuliah??????????????????


Teman, emang buat mengingatkan saat diri ini lupa, dan hari ini aku kayak dapat tamparan keras dari forum ascova, yakni sebuah pertanyaan yang simple, tapi cukup membuat diri ini berfikir kembali..

UNTUK APA LU KULIAH?? (karena pertanyaannya pake lu, maka akan ku jawab dengan menggunakan gw)

Gw rada bingung,, dan balik nanya dalam hati ( apa sebenarnya tujuan gw kuliah ?)

Ck..ck,,ck,, udah satu semester gw jalanin di kampus tercinta Padjadjaran,, udah mau nerima ip perdana pula, tapi setelah selama itu gw masih kabur “mengenai tujuan kuliah buat apa?”

Waktu ospek, gw pernah ditanya , apa motifasi anda kuliah di ESP?

dengan semangat MABA (Mahasiswa baru) yang menggebu-gebu (maklum baru nyicipin dunia kuliahan yang “wow”)dengan lantangnya mulut kecil ini pun menjawab “GW PINGIN JADI EKONOM HANDAL YANG RENDAH HATI”

mungkin jagat raya beserta seisinya bahagia mendengar jawaban seorang mahasiswa yang penuh dengan masa depan ini (lebay mode:on)

tapi itu adalah pertanyaan yang menyangkut jurusan gw, sementara globalnya, buat apa gw kuliah??

Masih samar-samar… saat itu gw berfikir begini……


1) Karena gw udah terlanjur lulus SMUP

Ya.. ini adalah salah satu alsan kenapa gw kuliah, dan faktanya gw di terima di UNPAD, sehingga itu harus gw jalanin


2) Gengsi

Saat ini kuliah bagi gw adalah sebuah gengsi yang harus dipertahankan, karena terus terang gw pribadi malu kalo nggak kuliah.


3) Buat orang tua gw bangga

Suatu kebanggaan bagi gw bisa nyenengin hati orang tua, ya salah satunya dengan bisa kuliah di UNPAD, sebab terus terang ortu gw rada panic, saat gw sakit dan tidak bisa mengikuti SNMPTN, untung sebelumnya gw ikut SMUP jadi ada cadangan, dan Alhamdulillahnya gw lulus, ortu gw bahagia.


4) gw punya banyak keinginan

karena keinginan gw yang banyak ini, gw berfikir kuliah adalah anak tangga yang harus dilewati buat sampai ke keinginan gw tadi.


5) Menjalani yang ada di depan mata

Ya, kuliah saat ini adalah bagian dari scenario Allah yang mesti gw jalani, dan itu sedang gw lakukan


6) Buat dapat title

Karena hidup di zaman keras saat ini, mau gak mau kudu punya title, ketimbang kebaikan lu orang lebih lihat title lu terlebih dahulu, abis itu baru skill lu dipertimbangkan, berikutnya hal-hal lain yang biasa dipertimbangkan orang-orang.


7) Jadi orang kaya

Di bangku kuliah gw sedang belajar jadi orang kaya yang berilmu, jadi orang kaya adalah cita-cita gw, karena gw fikir dengan kekayaan yang gw punya gw akan bisa bermanfaat lebih ditambah lagi dengan ilmu dan tenaga yang gw punya, namun untuk hidup di zaman yang keras ini gak Cuma kaya doank, tapi butuh ilmu juga, jadi gw gak sesat dalam menggunakan kekayaan gw.


8) Membangun relasi

Ya, gw suka berteman dan suka punya banyak teman, karena sudah takdirnya manusia itu adalah makhluk social, so nikmatilah takdir tersebut, dengan membangun relasi sebanyak-banyaknya, karena suatu saat ini akan bermanfaat bagi hidup kita sendiri.


Namun setelah menikmati dunia kuliah yang sebenarnya, gw jadi memilki tambahan tujuan dalam hidup gw, yakni sebagai berikut (gw berubah jadi saya..^^)


9) Untuk memperbanyak wawasan

Bangku perkuliahan adalah tempat untuk menambah ilmu dan wawasan sebanyak-banyaknya hal Ini saya dapat dari seminar-seminar maupun pelajaran langsung dari dosen, dan teman-teman


10) Nambah pengalaman buat ngasah soft skill

Ini saya dapat dari organisasi yang sedang saya ikutin, organisasi memilki sensasi sendiri, enak kalau kita niat, tapi kalau nggak niat jadi boomerang bagi diri sendiri, so,, jangan pernah ikut organisasi hanya karena ingin “eksis” …!!!!!! anda salah besar, kami butuh tenaga dan pemikiran anda bukan tampang ataupun rengekan dan sejubel alasan ketidak hadiran anda di beberapa event tertentu.


11) Indonesia butuh orang seperti saya

Itu yang akan senantiasa saya tanamkan dalam diri ini, begitu pula alasan-alasan mengapa saya ingin cepat-cepat lulus dan belajar sungguh-sungguh, karena saya sudah terlalu banyk menikmati Negara ini baik itu secara Cuma-Cuma ataupun bayar, namun saya merasa belum ada yang saya berikan buat bangsa ini, melainkan limbah, polusi, cacian, dan hujatan buat bangsa ini, oleh sebab itu saya ingin segera menyumbangkan tenaga dan fikiran ini untuk kemajuan bangsa ini.


12) Saya adalah jembatan

Sayalah selaku mahsiswa yang menjembatani pemerintah tah dan rakyat, karena kehadiran DPR di Indonesia ini seperti samar-samar, jadi mahsiswa lah yang survey langsung kebutuhan masyarakat dan menyampaikannya kepada pemerintah yang sedang bertahta…


13) Menjalankan amanah yang dititipkan oleh Allah pada saya

Bagi saya kuliah adalah amanah, amanah dalam penggalan hidup saya dari Allah, so,, kalau saya main-main dalam kuliah saya, itu sama dengan menyalahgunakan amanah (umur) yang diberikan oleh Allah kepada saya. (dan Anda tahu sendirikan disebut apa orang yang menyalahgunakan amanah?)


14) Melakukan yang terbaik

Saya ingin menyumbangkan yang terbaik yang ada dalam diri saya untuk masyarakat yakni fikiran dan tenaga saya sebagai kaum intelektualitas.


Itulah tujuan saya kini, liburan tinggal beberapa hari lagi, semoga semester 2 menjadi langkah awal untuk menjadi mahasiswa sebenarnya yang tahu betul tujuan kuliah itu apa,, aaaaaaaaaamiiiiiiiiiiiiiiiiin ya Robbal’alamin…

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar