jangan lupa tinggalakan pesan,,,semoga anda pulang dengan membawa hikmah dan ilmu dari blog yang penuh inspirasi ini :D
hikmah adalah milik orang mukmin yang hilang, dimana saja ia menemukannya, maka dialah yang paling berhak mengambilnya.^^

Kamis, 09 Desember 2010

Hari Ini Kita Tetap Praktikum :)


Hampir genap 3 bulan saya mendedikasikan waktu, fikiran dan tenaga saya untuk profesi saya yang satu ini, ya sebagai teaching assisten (atau yang akrab dipanggil asdos) di salah satu mata kuliah terberat di fakultas saya, Fakultas Ekonomi, yaitu mata kuliah mikro dan makro ekonomi. tidak mudah ternyata membagi waktu untuk job yang satu ini, saat hasrat ingin istirahat, tapi ditunda dulu, mengingat hasil praktikum belum dinilai, saat ingin pergi bersenang-senang dengan teman, dari koordinator asisten meminta untuk dikirimkan rekapaitulasi nilai praktikum, saat lagi tidur nyenyak,, ehhh... ada telepon dari praktikan, bertanya tentang cara mengerjakan salah satu soal yang menurut mereka sulit, yang baru saja diberikan oleh dosen mereka pagi tadi, tapi itulah asisten, siap membantu dan menjadi asisten bagi siapa saja yang perlu dibantu mengenai kesulitan dalam materi kuliah ini.

Disamping keruwetan tersebut, cuacapun mengaminkan kondisi kesehatan saya untuk jatuh bangun, Bandung lagi senang mengeluarkan air hujan, hal tersebut membuat saya ngedrop lalu sehat lagi, sehat sebentar, lalu sakit lagi, terus-terusan saja seperti itu selama beberapa bulan ini. lebih parahnya lagi, sakit itu menyerang senjata utama saya dalam mengajar, yaitu tenggorokan, alhasil suara saya yang sudah oke ini, menjadi makin 'oke' hingga akhirnya sulit untuk berbicara di depan kelas, khawatir seusai praktikum saya dimintai tanda tangan atau foto bareng karena disangka Dewi Persik :-| (takdir kadang memang begitu, yasudah terima saja:P)

Pernah 2 kali kondisi menyatakan saya harus bed-rest dan suara hampir hilang total, hal tersebut membuat saya tidak bisa beranjak dari kostan, karena kondisi masih belum stabil dan belum boleh terlalu banyak bicara. Sangat disayangkan lagi, hari itu adalah hari dimana saya harus menemui praktikan saya untuk mengajarkan kepada mereka materi baru di hari tersebut, ya, hari dimana saya seharusnya mengejar praktikum. Mereka sangat bersemangat, maka dari itu, amat disayangkan bila saya melewati perjumpaan dengan mereka di ruang kelas, walaupun setiap selesai mengajar, saya selalu menawarkan kepada mereka untuk pindah ke asisten lain bila mereka kurang sreg dengan cara mengajar saya, tapi Alhamdulillah, jumlah mereka tidak berkurang, justru bertambah :)

well, back to topic, dalam kondisi yang demikian, saya punya 2 opsi sebetulnya, 1) minta digantikan oleh asisten lain, 2) memberi mereka soal Take home (yakni soal yang dikerjakan di rumah masing-masing lalu pada hari tertentu dikumpulkan). saya tidak pernah memilih opsi yang pertama, ada banyak alasan sebenarnya 1) saya sangat menjaga kualitas pelayanan saya terhadap praktikan, dan saya khawatir apa yang saya berikan selama ini kepada mereka tidak bisa diberikan oleh asisten lain. 2) ribet lagi cari pengganti yang bisa menggantikan jadwal saya, mengingat semua asisten pada sibuk. 3) kalau diganti oleh asisten lain, gaji saya bakal di potong dan dikasih buat asisten yang menggantikan :P hahhahha.... sayang kan ? :D (tampaknya kalian mulai berfikir, mana alasan terkuat saya :D ).

Namun, dilain sisi saya sangat beruntung, karena saya memilki 1 blog khusus untuk akademis, saya menamakan blog tersebut "Meja Belajar Puti" (teman-teman bisa mengaksesnya di www.mejabelajarputi.blogspot.com) ya, bagi saya blog tersebut adalah meja belajar kedua setelah memiliki meja belajar yang yang sebenarnya di dunia nyata, di blog tersebutlah saya menulis kembali apa saja yang sudah dijelaskan oleh dosen di ruang kelas, mempublish tugas-tugas yang akan dan harus diselesaikan (kadang ini berdasarkan pesananan dari teman), di blog tu juga saya mempublish soal-soal take-home untuk praktikan saya, berikut pembahasan soal-soal tertentu bila dimintai tolong oleh praktikan ataupun teman-teman saya.

terus terang, saya sangat terbantu dengan sehatnya fungsi internet ini, dengan adanya saluran internet yang bersumber dari modem saya yang rada lemot, saya bisa aktif blogging, dan bisa mengatasi keterbatasan kondisi fisik saya, dalam hal-hal genting seperti praktikum. tapi, jelas beda mengerjakan soal di blog dengan mengerjakan soal langsung di kelas saat praktikum. ketika di kelas, mereka cukup terbantu dengan penjelasan saya terlebih dahulu di awal memulai kelas, sementara di blog mereka langsung mengerjakan tugas yang harus mereka selesaikan, sehingga sangat ditolerir bila mereka menemukan kesulitan dalam pengerjaan, namun saya cukup fair, yaitu setiap ada soal take-home saya selalu memberi mereka poin tambahan sebesar 5 poin pada nilai akhir mereka , jadi, kalau nilai akhir mereka 75, ya nilai mereka menjadi 80, akibat penambahan 5 poin tersebut, hitung-hitung kompensasi atas kurangnya pelayanan yang saya lakukan.

saya juga menerapkan nilai minimal praktikum untuk mereka, yaitu 75, kurang dari 75 maka mereka harus mengerjakan beberapa soal untuk perbaikan nilai mereka, dan untuk soal-soal perbaikan tersebut, mereka bisa langsung melihat di blog saya, dan mereka tinggal ikuti aturan mainnya. juga reakpitulasi nilai akhir mereka nanti, yang insyaAllah akan saya terbitkan 2 minggu lagi, mereka bisa akses langsung dari blog saya, jadi kalau ada yang komplen ya, silahkan saja, bisa lewat shoutbox ataupun lewat sms dan via telepon langsung kepada saya.

jadi, walaupun saya sakit, hari ini kita tetap praktikum, karena saya punya internet sehat, yang membuat kalian bisa mengakses soal-soal praktikum dari blog saya :)

".... i love my blog, i love my praktikan, i love internet sehat yang bikin Hebat :D..."

4 komentar:

annisarizka mengatakan...

ohh blog detik.
hehehe iya everything we can do it with internet^^
kalo ada internet jd ga kata halangan apapun deh buat ber aktivitas^^

hwaiting asdos!!
semoga kamu semakin sexy seperti dewi persik tapi pintar seperti einstein^^

unyiel mama mengatakan...

nisa : yup nis.. hahha internet emang buat hebat :)

hhaha, maunya lebih dari dp ah..
kalau sama eisntein.. boleh lah setingkat :))

unyiel mama mengatakan...

kang rahmat : tx kang
udah ku kunjungi tuh, wah,, postingannya panjang ya..

tapi oke kok :) good luck :)

unyiel mama mengatakan...

mbak Rina :
tx mbak, iya, ini adalah hobi, yang insyaAllah diniatkan buat ibadah

dengan bantuan internet, hobynya jadi lebih flexible dan bikin aku dan praktikanku lebih hebat

insyaAllah :)

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar