jangan lupa tinggalakan pesan,,,semoga anda pulang dengan membawa hikmah dan ilmu dari blog yang penuh inspirasi ini :D
hikmah adalah milik orang mukmin yang hilang, dimana saja ia menemukannya, maka dialah yang paling berhak mengambilnya.^^

Selasa, 21 Desember 2010

ASI membuat DUNIA makin Oke b^0^d

(nih, produk asi ekslusif :) masih kecil udah bisa baca :D )
sumber : foto daffa, ponakannya irna, my girl friend

Pada bulan september 2000 lalu, 189 negara di dunia, berkumpul di Newyork, guna merumaskan sebuah usulan program, yang dikenal dengan MDGs (Millenium Development Goals) tidak hanya diusulkan, namun sejak saat itu juga 145 kepala pemerintahan dari berbagai negara turut menandatangani kesepakatan , bahwa mereka bersama-sama akan berupaya untuk melakukan pencapaian terhadap sasaran-sasaran yang telah disepakati pada MDGs tersebut, sasarannya antara lain adalah, ada 8 Goals utama yaitu :

1. Pengentasan kemiskinan dan kelaparan yang ekstrim

2. Pemerataan pendidikan dasar

3.Mendukung adanya persaman jender dan pemberdayaan perempuan

4. Mengurangi tingkat kematian anak

5. Meningkatkan kesehatan ibu

6. Perlawanan terhadap HIV/AIDS, malaria, dan penyakit lainnya

7. Menjamin daya dukung lingkungan hidup

8. Mengembangkan kemitraan global untuk pembangunan

well, berhubung hari ini hari ibu, maka kita akan fokus pada salah satu sasaran MDGs yang menjadi topik kita hari ini, yaitu target nomor 4

tenang..tenang, ini nggak berat kok, beneran deh, saya nggak akan mengluarkan kurva, atau teori-teori pembangunan untuk hal ini (harusnya mah iya, anak ekonomi gituuuu :D )

kita hanya bermain logika, hati, dan nurani :)
oke... kita mulai ya, pembahasannya :)

4.Mengurangi tingkat kematian anak

dalam mengurangi tingkat kematian anak ini, PBB punya target yang mana kita disarankan untuk bergerak ke arah sana, yaitu targetnya :

"..Target untuk 2015: Mengurangi dua per tiga tingkat kematian anak-anak usia di bawah 5 tahun."

well, coba baca dan pahami baik-baik target nomor 4, dimana semua negara di dunia bersepakat, untuk bersama-sama mengurangi 2/3 kematian anak usia di bawah 5 tahun, alias BALITA, kalau bicara masalah kematian, di luar takdir yang telah di tetapkan oleh Allah Swt, tentu ini erat kaitannya dengan Kesehatan, kandungan gizi, dan kasih sayang yang diaplikasikan dalam pemenuhan kebutuhan gizi tersebut, namun, masalahnya, usia bayi kan nggak bisa makan sembarangan, kayak kita, yang hari ini makan kepiting, besok makan udang, dan besoknya lagi gak makan :D (gara-gara kehabisan biaya bulanan)

hahha, jadilah, solusi yang paling efektif, supaya si dedek bayi gizinya bagus, dan tumbuh jadi bayi sehat, ya, dengan ASI.

kadang saya berfikir, seandainya seluruh ibu di dunia sadar untuk memberikan asinya pada 2 tahun pertama secara teratur kepada bayi-bayi mereka, tanpa campuran susu kaleng, air putih, ataupun susu-susu hewan lainnya, tentu goals nomer 4 ini akan lebih gampang di capai, toh asi gratis kan ? (kecuali yang nggak bisa atau sedikit keluarin asinya )

hanya saja, saat ini, kesibukan wanita di dunia kerja membuat mereka lebih cendrung beralih ke susu kaleng, apalagi di tambah iklan-iklan susu bayi yang lucu-lucu di tv, yang menjanjikan anaknya ntar bakal begini.. bakal begitu, padahal sebaik-baiknya susu ya, susu ibu :)

sebenarnya kerja juga bukan alasan untuk mendiscount jatah buat si dedek bayi, hanya saja seberapa besar tekad dan komitmen si ibu, untuk mau bertahan, memeras dan menyimpan asinya di kulkas, atau membawa dedek bayinya ke kantor, dll.

dunia medis sedang menggalakkan tentang asi ekslusif, asi ekslusif? apalagi tuh ?

ASI eksklusif
adalah pemberian ASI tanpa makanan dan minuman tambahan lain pada bayi berumur nol sampai enam bulan. Bahkan air putih tidak diberikan dalam tahap ASI eksklusif ini. *sumber wikipedia

dahsyat nggak tuh ? bahkan air putih pun nggak dibolehin selama asi ekslusif ini, dalam waktu 6 bulan kok, nggak lama-lama

tadinya program asi ekslusif ini hanya 4 bulan, dan dengan penemuan dan kemajuan berfikir dll, maka dinyatakanlah 4 bulan masih kurang efektif bagi keshatan dan kualitas gizi si bayi, dan mungkin juga dengan kualitas imunitas si bayi.

mau contoh ? nih saya contohnya, saya adalah produk susu kaleng, karena semasa balita mama sibuk dinas keluar kota, jadilah saya hanya menikmati asi 2 bulan kalau nggak salah, dan terbukti, ujan dikit sakit, mudah kecapean, padahal semangat buat ini itu banyak banget. (konkret kan ? :) )

tapi, masa asi ekslusif yang 6 bulan ini, curiga akan diperpanjang lagi oleh dunia medis, :))

dalam Al-quran sendiri telah dijelaskan bahwa sebaiknya seorang ibu menyusui anak-anak nya, walaupun tidak dijelaskan bahwa kudu yang ekslusif, alias, mungkin boleh susu kaleng (karena jaman dulu nggak ada susu kaleng ) tapi susu unta ada nggak ya ?? jadilah dengan ibu susu, Ada 28 ayat tentang air susu ibu (ASI) di dalam Alquran: delapan ayat langsung, 20 ayat tidak langsung.

salah satu ayat yang menjelaskan hal tersebut adalah :

Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan. Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara ma’ruf. Seseorang tidak dibebani melainkan menurut kadar kesanggupannya. Janganlah seorang ibu menderita kesengsaraan karena anaknya dan seorang ayah karena anaknya, dan warispun berkewajiban demikian. Apabila keduanya ingin menyapih (sebelum dua tahun) dengan kerelaan keduanya dan permusyawaratan, maka tidak ada dosa atas keduanya. Dan jika kamu ingin anakmu disusukan oleh orang lain, maka tidak ada dosa bagimu apabila kamu memberikan pembayaran menurut yang patut. Bertakwalah kamu kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan”
(Al-Baqarah [2]: 233)

Turunnya wahyu tentang rentang waktu yan ideal untuk menyusui ini merupakan nikmat Allah yang tak ternilai harganya. Allah SWT sudah sangat baik memberikan petunjuk yang syar’i berhubungan dengan periode menyusui.

dan ini ada sebelum ditemukannya oleh dunia medis yang membuktikan bahwa 2 tahun pertama itu “The golden Age”, masa yang sangat penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak.

Mungkin ada yang berpendapat tidak berdosa apabila tidak menyusui anaknya selama 2 tahun (terkait perbedaan hukum fiqih). Tetapi ya, mungkin kalau udah jadi ibu rasakan sendirilah sensasinya (belum jadi ibu kebetulan :D )

bahkan dalam beberapa ayat dikatakan bahwa menyusui itu wajib meskipun dalam keadaan darurat, sebagaimana dikisahkan dalam Al-Quran tentang kisah ibunda nabi musa, yang sedang berada dalam incaran tentara firaun yang akan membunuh seluruh bayi laki-laki pada masa itu, Allah tetap mengnjurkan untuk tetap memberikan ASI

"..dan kami ilhamkan kepada ibunya Musa, "susuilah dia (Musa), dan apabila engkau khawatir terhadapnya maka hanyutkanlah dia ke sungai (Nil). dan janganlah engkau takut, dan jangan (pula) bersedih hati, sesungguhnya kami akan mengembalikannya kepadamu, dan menjadikannya salah seorang rasul."
(Q.S. Al-Qashash: 7)

dan Allah tetap memelihara hubungan baik antar ibu dan anak tersebut dengan mencegah nabi musa menyusu kepada orang lain, sebagaimana dikisahkan dalam Al-Quran. Sehingga Nabi Musa tetap disusui ibunya, walaupun dalam pengawasan Fir’aun

"..Dan Kami cegah dia (musa) menyusu kepada perempuan-perempuan yang mau menyusuinya sebelum itu; maka berkatalah dia (saudaranya Musa)," maukah aku tunjukkan kepadamu, keluarga yang akan memeliharanya untukmu dan mereka dapat berlaku baik padanya ?"
(Q.S.Al-Qhashas:12).

"maka, kami kembalikan dia (Musa) pada ibunya, agar senang hatinya dan tidak bersedih hati, agar dia mengetahui bahwa janji Allah adalah benar, tapi kebanyakan mereka tidak mengetahui."
(Q.S.Al-Qhashas:13)

subhanallah ^^

Kapan seorang wanita bisa lalai menyusui anaknya? Ketika kiamat. Sebuah gambaran tentang kuatnya ikatan menyusui seorang anak kepada bayinya yang hanya bisa diputuskan oleh keguncangan yang maha dashyat di hari kiamat. (Q.S Al-Hajj:1-2).

Yang harus sama-sama kita tanyakan pada saat ini, apakah saat ini keguncangan yang dashyat sudah ada di depan seorang ibu sehingga lalai menyusui anaknya? :)

Hanya karena menyusui, seorang ibu ’disetarakan’ dengan ibu kandung. Ini menunjukkan pentingnya menyusui dan hukum-hukum yang kemudian berlaku. Saudara sepersusuan menjadi mahram Q.S. An-Nisaa’:23)

“Allah telah melarang hubungan yang disebabkan oleh persusuan sama seperti Dia melarang hubungan karena pertalian darah “ (HR.Tirmidzi)

Dahsyat ya teman-teman :) wanita itu emang menjadi semakin oke, saat dia menjadi seorang ibu :) dan kita udah dikaruniai obat, yang gratis untuk bayi-bayi kita kelak. :)

so, hati-hati aja kalau nanti bersalin di rumah sakit, terus disodorin susu formula buat si dedek bayi, jangan deh, mending asi ekslusif, kalau benar kita tidak ingin mempercepat kiamat itu datang :) mana tau si rumah sakit emang udah punya link ama produsen susu ;) hehhe..

oke..oke.. so, yang mau KKN ntar, yang pada KKN bulan Januari atau Juli, atau kapan aja deh, galakkan asi ekslusif atau gerakan ibu menyusui ke desa-desa, supaya kualitas gizi dedek bayi di desa-desa tercukupi.

dan bagi para wanita karier masa depan, ataupun calon ibu lainnya, ayo, disiasati, belajar dari yang berpengalaman :)

itu semua adalah udaha untuk mendukung MDGs target nomor 4 :)

SELAMAT MANYUSUI :) bagi yang belum bisa, selamat minum susu aja deh :) susu sapi di pagi hari oke juga loh, atau buat yang diet, susu kedele juga oke b^0^d











0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar