jangan lupa tinggalakan pesan,,,semoga anda pulang dengan membawa hikmah dan ilmu dari blog yang penuh inspirasi ini :D
hikmah adalah milik orang mukmin yang hilang, dimana saja ia menemukannya, maka dialah yang paling berhak mengambilnya.^^

Senin, 29 November 2010

tx For ur trust :-)


well, mungkin agak sedikit telat, artike kali ini saya tulis masih dalam rangka hari guru, okey.. karena di kampus pengajar dipanggil dengan nama dosen, jadilah akan saya sebut sebagai hari dosen. lantas, apa yang ingin saya tulis? ah,, biasalah curhatan-curhatan bocah, yang mungkin sekurangnya bisa bermanfaat buat anda.

saya Putri, kerap dipanggil pumi, Alhamdulillah, di tahun ini saya diberi kepercayaan sama kampus, untuk menjadi salah satu teaching assisten, atau yang lebih dikenal dengan Asdos, tugasnya apa? biasa, ngebawain tas dosen, beliin minum dosen, :)) hhaha bukan,, bukan itu saudara-saudara, tapi memperjelas kembali materi yang diberikan oleh dosen, kepada mahasiswa, dengan cara dan bahasa yang lebih sederhana ditambah lagi memberikan mereka latihan tugas, tehnikal dengan beberapa sentuhan teori, dan sisanya adalah melayani pertanyaan-pertanyaan mereka seputar pie mikro (saat ini) dan kesulitan dalam pengerjaan soal-soal.

well, ada satu hal yang sebenarnya penting, dan harus diingat oleh seoarang teaching assisten adalah, kami dilarang mengajarkan teaori, kenapa? karena mengingat S1 kamipun belum lulus, dan rata-rata pengajar atau dosen di FE Unpad minimal harus S2. hanya dalam praktiknya, kami agak sedikit bingung, karena kebanyakan mahasiswa bertanya tentang teaori pada kami, karena saat penjelasan di kelas mereka tidak mengerti, jadi,, ketika saya tahu, saya jawab saja semampu saya, sebelum menyerah dengan mengeluarkan statement yang terus terang saya juga tidak suka, yaitu "Baca lagi buku nya..!" gleg.. -_______-"

mengingat hal tersebut, suatu hari, seusai kelas etrik di hari Sabtu pagi yang indah, tepatnya, perkuliahan usai pukul 09.00 sehingga ada 30 menit waktu kosong menuju pukul 09.30 lalu sayapun memilih untuk Wi-Fi-an di lorong C, lalu saya melihat salah seorang dosen saya mengirim pesan melalui wall Fb, yang menanyakan bagaimana saya bisa dihubungi? lalu langsung saja saya berikan nomor hp saya pada dosen tersebut via inbox. dosen tersebut lalu menelepon saya, singkat cerita, beliau minta saya menggantikan beliau mengajar di program de tiga fe unpad, saya agak kaget, lalu beliau bilang lagi, karena berkebetulan asistennya sedang tidak bisa, dan beliau sendiri baru saja selesai proses persalinan anak ke 2, karena saya wanita dan beliau juga wanita, akhirnya saya menyanggupi, meskipun saya belum mikir apa yang akan terjadi nanti di kelas, karena saya harus masuk ke kelas tersebut pukul 10.00 (15 menit lagi, dari saat tersebut.) beliaupun memberitahu materinya apa yaitu, pada saat itu tentang teori produksi, dan beliaupun paham, karena h-20 menit, jadinya saya disuruh masuk kelas dan menyampaikan tugas kepada mahasiswa, serta menunggui mereka sampai selesai.

sayapun segera bergegas ke SBA d3, mengikuti instruksi dari bu dosen untuk mengambil kertas folio dan daftar absen, lalu saya masuk kelas, dan mulai memperkenalkan diri.

"Assalamu'alaikum." kata saya membuka kelas seperti kelas praktikum biasanya.
dengan mendapat tatapan aneh yang bertanya "bocah darimane nih?" (karena berhubung badan saya yang mungil) sayapun memperkenalkan diri saya, dan apa keperluan saya disini. akhirnya mereka mengerti, dan sayapun mulai memberi tahu tugas yang harus mereka kerjakan.

kali ini, saya mereka panggil "ibu" walaupun saya sudah bilang, saya angkatan 2008, dan saya sedang memnempuh pendidikan S1 dan belum kelar, tapi tetap saja mereka panggil saya "ibu" hmmm... baiklah nak kalau begitu.

kelas mulai berisik, saat tau tugas yang harus mereka kerjakan cukup banyak, ditambah lagi cowonya yang gede-gede, dan cewenya yang,, sangat peduli dengan penampilan dan kecantikan :-)

well. saya dituntut untuk mengendalikan kondisi kelas saat itu, meskipun dalam hati sempat nyeletuk (hm, s1 better lah, dalam hal kekondusifan di kelas, dan kesopanan) tapi... sudah tugas saya untuk bisa menghandle. kurang lebih gambarannya seperti ini.
"aa... banyak banget buuuu...!"
"kita nggak ngerti buuuuuuuuuuuuuuu..!"
"saya nggak punya bukunya bu..!"
"kita belum diajarin materi ini bu...!"
"bahas bareng-bareng aja deh, buu....!"
"ibu cantikk deh buu.....!!!!" (ups.. yang terakhir, semua orang juga udah tau kok :P )
hhahhaa, kurang lebih seperti itu.

akhirnya saya tawarkan opsi ke mereka.
1) mau saya jelaskan terlebih dahulu, namun jumlah soal yang dikerjakan berkurang ?
2) tanpa penjelasan, tapi jumlah soal yang dikerjakan semuanya.
namun, apa yang terjadi saudara-saudara, mereka membuat opsi sendiri, yaitu
"tidak usah dijelaskan dan jumlahnya dikurangi."
hmmmm..
akhirnya langsung saja saya bilang, "okey,, kalian kerjakan semuanya..! tentu sambil tersenyum.

merekapun mulai mengerjakan, dan kelas hening, mereka melirik saya, dengan raut yang mencoba membuat saya paham, kalau itu susah bagi mereka.

well, setelah membaca isyarat tersebut, sayapun menghampiri mereka, ternyata benar, soal nomor 1 pun belum ada yang bisa menjawab.

akhirnya, sayapun harus menjelaskan dari awal (maaf ya pak, bu :-) ) saya menejelaskan beberapa teori produksi yang saya pahami, berikut kurva-kurvanya, dan Alhamdulillah, setelah saya jelaskan, mereka mengerti.

merekapun mulai mengerjakan soal, semua soal mereka kerjakan, yang kesulitan menghampiri saya ke depan, ya, mereka mulai bersahabat dengan saya.

hingga akhirnya, waktu pengumpulan tiba.
"yuuk, kumpulkan jawabannya." kata saya.

dengan tertib mereka ke depan mengumpulkan, dan mengucapkan terimakasih dan pamit pulang.

well, kalau orang punya cinta pertama, maka saya juga punya cinta pertama, cinta pertama mengantikan seorang dosen, ya, saya jatuh cinta dengan profesi ini, dan ini pengalaman pertama.
mengingat tidak sembarang orang yang dipercaya untuk berdiri di depan kelas.

saya selalu cerita hal-hal baru pada mama dan papa saya, termasuk moment menarik pada hari tersebut. beliau sangat senang, mengingat papa saya juga sekarang memilih mengajar kembali di kampus, jadilah beliau menjelaskan beberapa etika pengajar dan mama saya memanas-manasi si papa, dengan membandingkan dengan saya :-D hahhahha..

setelah itu, saya langsung lapor ke bu dosen, bahwa, misi yang beliau beri hari ini lancar.

dan Alhamdulillah, barusan saya dapat sms dari beliau, untuk menggantikan kembali beliau di kelas, minggu ini, dan barusan beliau mengirimkan bahannya yang harus saya ajarkan, gleg.. ini pyur teori, saya menjelaskan teori di kelas? hmm.. Bismillah, semoga saya bisa dan pantas.

tx for ur trust miss :-) n,, selamat Hari Guru untuk semua orang yang layak dan pantas disebut guru, dibelahan bumi manapun kalian berada :D

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar