jangan lupa tinggalakan pesan,,,semoga anda pulang dengan membawa hikmah dan ilmu dari blog yang penuh inspirasi ini :D
hikmah adalah milik orang mukmin yang hilang, dimana saja ia menemukannya, maka dialah yang paling berhak mengambilnya.^^

Senin, 29 November 2010

Subtitusi atau Komplementer ?

suatu pertanyaan menarik mengawali obrolan ge-je (red: gak jelas) sore itu, di sebuah ruangan kecil yang penuh dengan loker, tampak wajah-wajah kelelahan seusai mengajar memenuhi ruangan tersebut, yup my lovely barak :-) ruang asisten.

sebuah pertanyaan dari salah satu rekanku yang cowo' kepada kami semua yaitu simple Question " Pacaran tuh buat apa sih?" hm.. aku yang sore itu tampak lelah, makin lelah aja rasanya. lalu salah satu temanku yang wanita mulai beropini.. "bla..bla..bla.. ini,,ini,,itu,,itu..tralla..lala.. tri,,li,,li,,li,,"

oke, cukup jelas lah ya, deskripsi yang dibicarakan apa? :D kalau yang nggak ngerti, berarti ilmunya belum cukup, ayo belajar lagi..!! :D

lalu ada yang bergumam, biar ada yang memperhatikan,, (hm.. baby sitter keknya )
biar ada yang antar jemput, apalagi kalau pulang malam, dll (hahha,, masa pacar disamain ama mang-mang ojek,, :)) mang-mang angkot, dan emang taksi?)
biar ada yang.......
biar ada yang manggil 'ayang' 'sayang'... (hmm.. burung beo kalau dilatih juga bisa :)) )
biarin.. dah tuh yang disebut pacar menderita :))

terus terang aku memilih diam saat itu, karena baru mabok ngomong dan teori mikro di kelas, specially tentang "consumer behaviour" jadi rada males, logikanya masih belum nyambung kesana.

terus temanku ada yang ngelirik iseng dan bergumam, "putri, belum jawab putri."
wedeh.. dapat serangan mendadak gini. semuanya melihat pingin dengar pendapat dari saya .

sambil narik napas dalam-dalam, dan mengeluarkannya perlahan samar-samar (lewat mana? lewat mana aja boyeeyy :)) )

"TERGANTUNG" jawabku (asal sesungguhnya, ini jawaban orang males sebenarnya)

tapi karena mereka semua juga adalah asisten, yang rasa ingin tahunya tinggi, jadilah pertanyaannya berlanjut,

"maksudnya tergantung?"

iya, jenisnya apa dulu "Subtitusi" apa "Komplementer?" (ngomong apa ini aku?????? ini kan bahan tadi sore, pas ngajar, kenapa dibawa-bawa???? :)))

mereka : #@@$%#^$&%*&%^(*^*(&*(&(*&*(&()*U()* "maksudnya apa dah?"

karena emang udah kepepet, jadilah logikaku mendadak bener, dan nyambung.

jadi gini, tergantung, lu nganggep pacarlu itu apa?

SUBTITUSI atau Komplementer ??

kalau subtitusi, berarti pacar lu itu fungsinya buat ngegantiin doang.
ngegantiin jam-jam kosong lu, saat teman-teman lu nggak ada, saat sama teman-teman, lu lupa deh ama pacar,
ngegantiin kesibukanlu
saat lu lagi dikejar deadline dan sibuk, pacarlu nomer kesekian.
saat lu males jalan kaki pulang ke kostan, saat mangmang ojek udah nggak keliaran, saat angkot jurusan kostanlu udah nggak lewat, lu tinggal telpon pacar. pengganti itu semua.
saat lu sakit, dan enyyak lu jauh , lu minta buatin makanan atau di manja lah ama pacar lu.
tapi saat enyaklu ada di rumah , lu safe banget kan rasanya, enakan sop buat nyak lu dah, daripada buatan pacarlu. meskipun pake cinta.. tetep aja, bisa buat sakitlu tambah parah, kalau salah bumbu.
dan buat ngingetin minum obat, kalau lu punya nyokap protektif yang ngingetin makan udah hampir lebih dari ngingetin sholat, lu nyaman.
intinya, lu bisa mendapatkan semua itu dari orang lain, selain pacar, berarti saat seperti itu, emang lu nggak niat buat pacaran, karena mungkin saat itu lu masih maen-maen, pacara hanya sebagai subtitusi akan semua keperluanlu. *sotoy mode:on (salah sendiri, nanya ke saya :D )

nah, kalau komplemen, (bentar, kita putar soundtrack dulu KKSK nya DYGTA, biar lebih menghayati :D )

lu udah menganggap dia sebagai pelengkap, pelengkap dalam hidup. misal, sesibuk apapun elu, tetap aja, lu inget dia, lu ingin menshare kesibukan, semangatlu makin oke, saat bersentuhan dengan segala sesuatu tentang dia, padahal nyak lu juga ada kok, dan lebih solutif kayaknya ketimbang dia, :)) sesibuk apapun, lu tetap ingin memantau kegiatan dia apa, ya,, hanya ingin tau, kondisinya hari ini apa.
teman-teman lu banyak, tetap aja waktu bersama dia akan selalu spesial, dan apa yang sebenernya bisa lu lakuin dengan teman-teman lu, pingin aja lu lakuin sama dia, padahal temen-temenlu ada kok, 24 jam malah dengan lu.
nah, saat lu sakit, dia jadi semangat buatlu sembuh, padahal dia nggak ngelakuin apa-apa buat lu, nggak ngingtin minum obat, nggak apapun deh, tapi ntah kenapa lu pingin sehat, sehingga bisa jalan dan maen lagi ama dia (maaf, kalau bahasa saya sangat bocah :D )

oke.. nah,, kurang lebih begitu, silahkan pikir ulang, bagaimana kamu memposisikan si dia dalam kehidupanmu, sebagai subtitusi kah? atau sebagai komplementer? nah setelah itu, mungkin kurang lebih kamu bakal tau, apa gunanya pacaran ?

saran : kalau masih seputar subtitusi, janganlah,, mending kagak usah pacaran deh, nah kalau udah komplementer, nanggung banget buat pacaran, orang yang udah menjadi komplementer kita, sayang banget kalau dijadikan sekedar pacar, jadiin pasangan hidup aja sekalian, karena nyari yang menggantikan lebih mudah, karena opsinya ada banyak, tapi kalau yang klop dan melengkapi, rada susah tuh saudara-saudara.

Ya tuhan, maaf, kalau saya mengeluarkan teori sesat saat itu... huhuhuhu lagian, lagi capek di tanya, jadilah.. ngasall :))

para pembaca, disortir dulu ya, setiap tulisan saya :)) hehhe selamat menjalani hari, sebagai subtitusi ataupun pelngkap hidup orang lain :)






0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar